Rasanya Kuliah di Sastra Perancis...

Bonjour... Saya akan ngasih sedikit referensi mengenai Prodi Sastra Perancis khususnya di UNPAD.

By the way, Hal-hal yang menyangkut pengalaman saya dengan Prancis ada di tags 'Peperancisan' atau 'Experience'.  Semoga bisa jadi referensi juga..

Postingan kali ini berdasar pengalaman Semester 1 kemarin ya, #cmiiw.

Belajar apa aja sih di Sastra Perancis?
Kalo sepengalaman saya, kurang lebihnya inti dari semua mata kuliah yang ada saling berkaitan. Semester 1 kemarin saya belajar:

  1. Tata Bahasa (Grammaire)
  2. Bahasa Perancis Dasar (apa aja yang ada di Perancis, tempat-tempatnya, kebiasaannya, etc)
  3. Percakapan (jelas ya, dalam Bahasa Perancis tentunya)
  4. Lab (mendengarkan teks/lagu/apapun dalam Bahasa Perancis di laboratorium bahasa)
  5. Komposisi (membuat narasi dalam Bahasa Perancis yang baik dan benar)
  6. Pemahaman Teks (memahami isi teks dalam Bahasa Perancis)
  7. Pengantar Kebudayaan Perancis (sejarah Perancis dari mulai terbentuknya Perancis dan peristiwa penting di Perancis)
  8. Pengantar Kesusastraan Perancis (asal mula Bahasa Perancis, sastrawan Perancis, aliran, karakteristik, dan hasil karya sastra Perancis)
Nomor 1-6 itu dasar kemampuan berkomunikasi kita dalam Bahasa Perancis, intinya Comprehension Orale/CO (listening), Comprehension Ecrits/CE (reading), Production Ecrits/PE (writing), Production Orale/PO (speaking) ada semua disitu. Nomor 7 dan 8 intinya sejarah, mesti banyak baca dan memahami kronologi. Di semester depan nanti ketemu sama matkul Sastra dan Budaya Frankofon, Pranata Sosial Perancis, Bahasa Perancis Aplikatif, Penerjemahan, Kajian Teks Perancis, Perencanaan Perjalanan Wisata, etc. Dan masih ada lagi penjurusan spesifik di semester 6-an. Pilihannya Sastra atau Linguistik. Semuanya berkaitan, sangat bagus kalo bisa dikuasai. Gak sulit ko, asal jangan males dan sentimen sama dosen hahaha.

Mau kerja apa setelah lulus dari Sastra Perancis?
Nah, ini nih yang sering bikin saya sendiri suka gimanaa gitu. Soalnya pandangan saya mengenai kuliah itu yang penting ilmunya, dan yang saya pahami, kuliah itu menciptakan ahli, bukan pegawai. Itu pandangan saya ya. 

Kalo mau sesuai jurusan kuliah bisa jadi sastrawan, penerjemah, kerja di kedutaan, guru (honorer sih, soalnya bukan dari pendidikan hehe), dosen, dll. Kalo mau liat dari alumni, ga sedikit juga yang profesinya pengusaha dan jurnalis. Jadi, kembali lagi ke passion barangkali..

Jangan galau atau gak pede kalo nanti kerjaan kita gak sesuai jurusan kuliah, toh pekerjaan (profesi) itu 'kendaraan' kita dalam usaha mencari rejeki, yang penting halal, abaikan saja gengsi.. Kita 'kan manusia yang dikasih kelebihan akal sama Allah swt, kita bisa mengembangkan potensi dimana aja, ga perlu harus selalu sesuai sama jurusan kuliah.


Aku gak ada basic sebelumya, tapi pengen kuliah di Sastra Perancis
Bisa kok. Asal jangan banyak ngeluh, banyakin usaha. Cari gaya belajar yang cocok; bisa dengan cara ngengerin musik, nonton film, baca buku, etc. Jangan malu nanya dan konsultasi juga sama temen, senior atau dosen, mereka mau bantu kok insyaallah kalo ga sibuk. Belajar itu ga ada yang ga sulit, kalo sulit, berarti ada sesuatu yang salah di niat kita atau cara kita belajar atau memang kitanya aja yang males.

Ngapain kuliah di Sastra Perancis, mending les aja kalo gitu
Ada hal yang gak bisa didapetin dari tempat les dan cuma bisa didapetin di kampus. Kembali ke diri kitanya juga sih, balik ke niatnya. Bisa aja sih kita belajar sendiri, atau les, atau ke Perancisnya langsung... Tapi hey, ini semua kan mengenai prosesnya, banyak yang bisa kita pelajari dari proses, dan pengalaman adalah guru yang paling baik.

Kalo kedepannya kita merasa salah jurusan, think again. Udah susah-susah masuk jurusan ini trus mau dilepas gitu aja, gak mikirin perasaan orang yang udah ditolak? Kalo orang bilang "Bahasa Perancis itu salah satu bahasa tersulit di dunia", jadikan motivasi. Kita keren dong kalo bisa sesuatu yang orang ga bisa. Kalo dibilang "kuliah sastra lama lulusnya loh", berarti kitanya yang harus rajin kalo ga mau lulus lama-lama, sekarang batas kuliah paling lama di PTN itu 5 tahun alias 10 semester, kalo lebih dari itu di drop out DO. So, kalaupun betah ngampus pikirin target juga biar keluar univnya seenganya pake ijazah dan toga ya, bukan surat DO hehe

Baca juga :
Rasanya Kuliah di Sastra Perancis... #2 (Ospek?)
Rasanya Kuliah di Sastra Prancis.. #3
Rasanya Kuliah di Sastra Prancis.. #4 Menjalani tahun ketiga

Comments

  1. Kak, perkenalkan saya siswa kelas 12 yg baik bingung mau daftar apa saat snmptn, saya di jurusan ipa dan mengambil kelas bahasa asing perancis,jika saya daftar sastra perancis unpad saat snmptn apakah peluang diterima ada? Apa kakak pernah punya temen di sastra perancis unpad yang dari ipa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Diah... Gak sedikit loh teman-teman aku yang dari jurusan IPA. Kalaupun belum dapet pelajaran Bahasa Prancis sebelumnya, nanti di semester awal akan belajar bahasa dan budaya Prancis dari dasar
      Selalu ada harapan kok untuk kita yang berusaha.. Bonne chance! Semoga berjodoh dengan Sastra Prancis UNPAD ;)

      Delete
  2. Halo kak, mau ambil Sastra Perancis UNPAD juga nih SNMPTN (udah) & SBMPTN (kalo SNM ga dapet)-nya, tp masih agak takut nih soal kuliahnya yg lama & takut keteteran sama tugas, maaf soalnya saya kalo lg ga mood gitu mau tugas udh deadline pun kadang di abaikan gitu aja. Jadi, kakak selama ini ngerasa keteteran ga sama tugas yg dikasih dosen? Terus, emm dosennya gimana? Galak kah atau ada yg asik diajak ngobrol kayak temen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sultan, semoga lolos SNMPTN/SBMPTNnya yaa. Kuliah lama? Keteteran tugas? Dosen galak? Jangan disugestikan dong! Hehe. Namanya belajar ya mesti disiplin, keteteran atau kepusingan wajar kali ya... Sejauh ini alhamdulillah walau ngerjainnya pas deadline tapi tugas saya selalu selesai dong.. Kalo dosen galak sih enggak, cuma beberapa lebih tegas aturan kuliahnya aja paling.. Senang kok kuliah sastra, ga ada praktikum sampai malam kayak yang jurusan eksak hehehe

      Delete
  3. hai kak! salam kenal dulu deh..
    ceritanya aku pejuang sasper juga nih..
    gini kak, misalnya pengetahuan/bassic kita dalam bhs prancis kita tu nol gimana kak? apa gak kesusahan tu nantinya..?
    oh yaa, kata orang juga dosen2 nya pada galak dan gak asik semua..
    trus matkul grammar nya kata2 orang sulitnxa minta ampun..
    hehe kasih pejelasan nya dong kak.
    thanks before!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Salam kenal Ridho sang Pejuang
      Di sastra Prancis UNPAD kita diajar B.Prancis dari dasar kok.. Kalo merasa kesusahan, ya namanya juga proses...
      Wah kalo menurut saya sih dosennya gak galak dan enggak gak asik semua, tergantung cara kita komunikasi sama beliaunya aja
      Grammaire (dan bahasa Prancis secara keseluruhan) bagi saya lumayan menantang juga, mungkin karena bentuk bahasa Indonesia yang simpel tata bahasanya.. Dan kalo kamu penasaran gimana susahnya grammaire, coba di pelajari deh, nanti pasti rasanya jadi ga sulit kalo udah belajar hehe

      Gimana? Cukup terjelaskan gak?
      You are welcome!

      Delete
  4. ooo gitu ya kak, mksh banyak deh atas penjelasn nya! jadi ceritanya mau nanya lagi nih..
    . kalo belajar di sasper benar2 diajarin dari dasarnya kan kak? misal kayak alphabet nya munkin hehe..
    soalnya bener2 kepengen masuk sasper unpad nih, cuman masalahnya gak ada bassic di bhasa prancis nya *huhu
    trus lama study di sasper nya berapa tahun nih kak?
    trus juga kalau dosen nya lagi ngajar pake bhs indo ato prancis? kira2 di smt berapa kita bisa ngerti bhs prancis scra keseluruhan?
    menurut kakak matkul sasper yg paling sulit tentang apa? cerita dikit dong, oh ya satu lagi misalnya kalo uts/ujian smt nya sistem ujian nya pilihan atau esai?
    mohon maaf sebelumnya ya kak! hehe pertanyaan nya banyak banget, thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gak usah khawatir. Dimulai dari alfabet, angka, perkenalan, dst diajarin dari dasar.
      Lama maksimal kuliah di sistem yang sekarang itu 10 semester untuk PTN. Lama sebentarnya studi ya tergantung kitanya hehe.
      Kecuali di mata kuliah umum, bahasa pengantar di semester awal pake bahasa Indonesia dengan sedikit Prancis, semakin naik tingkat dosen semakin lebih banyak ngomong Prancisnya. Kalo dapet dosen native ya full Prancis. Kalo 'ngerti bahasa Prancis secara keseluruhan'.. Kita aja orang Indonesia belum tentu ngerti bahasa kita secara keseluruhan kan? Yang jelas, di tahun kedua dosen mulai tidak memaklumi kesalahan bahasa Prancis kita karena kita udah gak terlalu buta bahasa kayak anak semester satu :p
      Masalah matkul, mungkin pertanyaannya bisa terjawab di postingan saya selanjutnya.. Tunggu aja ya!
      Ujian esai atau pilihan ganda, tergantung dosen

      Terimakasih atas pertanyaannya! Rasa ingin tahu selalu patut untuk diapresiasi :)

      Delete
  5. assalamualikum kak dan selamat malam. kak ada pesan yang dikirimkan ke saya dengan bahasa perancis. bisa minta tolong terjemahkan kak? kalo kakak berminat bisa minta emailnya kak? atau nih email saya kak adityakurniawan240@gmail.com, supaya saya bisa kirimkan pesannya. makasih kak dan terimakasih bila berkenaan membalas pesan saya :) wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah. Saya email ya, barangkali saya dan teman-teman saya bisa bantu.
      Terimakasih kembali, wa'alaikumussalam warahmatullah..

      Delete
  6. Assalamualaikum kakk, mau tanya nih kakk. gimana ya kak buat ngeyakinin diri sendiri kalo kuliah di fakultas sastra especially Prancis yang lumayan rumit tata bahasa nya? Aku sebenernya pengen banget kak udah ada passion buat kuliah Sastra Perancis cuman belum ada infomasi Universitas mana sebaiknya yang aku pilih. Makasih kak itu aja yang mau aku tanyain

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iyaa kakk, tapi disaat aku udah yakin pasti ada aja temen yang bikin down karena masalah prospek kerja Lulusan Sastra Perancis yang masyarakat awam cuma pikir jadi "translator & tour guide" yg penghasilannya ga terlalu besar. Terus kakk kalo di bahasa Perancis kan ada pembagian jenis kata benda masculin & féminin. caranya kita bedain gimana yaa kak? apa musti lewat kamus??

      Delete
    3. Itulah salah satu ujian keyakinan, kalo yakin ya lanjutin, kalo gak yakin, tinggalin aja.. Tapi ya jangan gampang nyerah dulu dong.
      Prospek kerja menurut saya ga selalu mematok jurusan yang kita ambil, bisa dari softskill dan banyak faktor lainnya.. Tenang aja, rejeki gak akan ketuker. Kalo bingung pilihan profesi yang akan kita jalani setelah kuliah, di univ banyak kok seminar peluang kerja untuk nyari info dan motivasi
      Kadang membedakan genre kata feminin dan masculin memang tricky, sebaiknya liat kamus dulu kalo belum tau banget. Jadi pastikan pilih kamus yang ada keterangan (m) atau (f) di samping kata bahasa Prancisnya. Saya belum bisa menjelaskan lebih lanjut, kalau sudah bisa insyaallah akan saya tulis di postingan lain hehe
      Terimakasih atas pertanyaannya!

      Delete
    4. Oalah gitu yakk, makasih banget yaa kak udah ngejawab ngebantu banget kak. sukses terus yaa kakk. sekali lagi makasih udah ngasih informasi yang informatif bangett. sukses yaa kakk☺️☺️
      Assalamualaikum.wr.wb

      Delete
    5. Iyaa aamiin.. Terimakasih kembali
      Wa'alaikumussalam wr.wb :))
      *btw maaf komentar saya yang pertama gak sengaja ke remove heu

      Delete
  7. Halo ka! Aku officially maba Sastra Perancis Unpad 2016, nih. Alhamdulilah aku lulus lewat jalur SBMPTN. Mau nanya sedikit tentang ospeknya dong ka.. Soalnya itu satu hal yang aku takutin kalau aku keterima di kampus indo. Ospek di FIB khususnya jurusan sastra perancis pas jamannya kaka berat ga? Kalau dibandingin sama fakultas lain, lebih enak yang mana?
    Oh iya, aku juga ga sabar bgt pengen belajar sastra perancis! Seneng rasanya impian buat lulus dan masuk sasper bisa terwujud. Merci ka:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalin ah namanya haha.. Aku juga maba sasper unpad 2016 nih

      Delete
    2. Halo! Akhirnya aku nemu temen maba sasper 2016 haha. Aku bisa kontak kamu ga? Lewat line atau apalah.. Salam kenal ya!:)

      Delete
    3. Hai hai.. Alhamdulillah, félicitations yaa
      Tentang ospek, saya pernah nulis di http://azkiakhoir.blogspot.co.id/2015/02/rasanya-kuliah-di-sastra-perancis-2.html?m=1
      Seluruh rangkaian ospek dari mulai universitas (PRABU), fakultas (OPERA BUDAYA), sampe jurusan (UFU - Une Famille Unie) seru banget kok.. Kalo dibandingin fakultas lain di UNPAD, saya bisa bilang kalo FIB yang paling gak lama dan asik pokoknya hehe
      Selamat belajar di Sastra Prancis!

      Delete
    4. @zara sorry telat wkwk.. Boleh kok di line aja ya line id delfianrz.. Salken :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Halo kak, saya anak klas 12 smk yang punya sedikit dasar bahasa prancis. Pertanyaannya apakah saat kuliah di sasper msih bisa sambil kerja part time?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, bisa-bisa aj, tinggal dikondisikan.. Temen saya juga ada yang sambil ngajar les, dsb. Tinggal dijaga aja konsistensi kuliahnya...

      Delete
  10. hai kak aku dari jurusan ipa kalo mau masuk sasper itu apakah bisa? untuk sbmnya kira kira gimana ya? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai..
      Bisa kok, tes SBMPTNnya ambil IPC karena sastra masuk rumpun sosial. Kalo ditanya proses dan tips SBMPTNnya, saya juga kurang tau karena ga pernah ikut tes SBMPTN...
      Makasih juga atas pertanyaannyaa

      Delete
  11. bonjour , kak. aku kelas 12 jurusan bahasa. aku belajar bahasa prancis dan alhamdulillah tidak merasa terbebani. mau tanya sebaiknya pilih jurusan pendidikan atau sastra prancis ya, soalnya aku juga mikirin pekerjaan kedepannya. merci beucoup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour Intan.. Alhamdulillah, belajar memang jangan sampai jadi beban! :)
      Kamu senangnya apa? Dua-duanya baik kok.. Bedanya kalau pendidikan pastinya dapat kuliah kependidikan (maaf saya gak bisa menjabarkan lebih karena gak mengalami), kalau di sastra dapatnya ke analisis sastra, bahasa (linguistik) dan budaya... Silakan di timbang-timbang. De rien, Intan :)

      Delete
  12. hallo kak, aku odilia.
    jadi gini aku itu dari SMK Boga. Aku nggak punya basic Bahasa Prancis sama sekali. Tapi pengen banget masuk situ. Jujur aja aku takut di bagian SNMPTN / SBMPTN karena pelajaran smk nggak seribet SMA. Mau nanya dong buat masuk UNPAD Bahasa Prancis kalau lewat SNMPTN nilai harus berapa ya kak? makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Odilia..
      Wah maafkaan saya juga kurang tau kalo itu, soalnya saya kan bukan panitia SNMPTN... Yang penting maksimalkan doa dan usahanya ajaa mudah-mudahan tercapai harapan lolos Saspernya..
      Makasih kembali :)

      Delete
  13. Assalamualaikum kak, mau nanya nih kalo dari jurusan IPA tapi ngambil SNMPTN sastra Prancis bisa nggak sih? Soalnya itu lintas jurusan. Kata temen sekarang sistemnya anak IPA gak bisa masuk ke jurusan anak IPS.
    Yang aku liat di komentar sebelumnya kata kakak, banyak anak IPA yang ngambil jurusan sastra prancis nah itu biasanya mereka masuk jalur apa? SNMPTN bisa? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam Annisa...
      Milih jurusan Sastra untuk program IPA di jalur SNMPTN ya bisa aja.. Cuma untuk bisa lolos, semuanya juga mesti diikhtiarkan tentunya. Mengenai sistem yang sekarang gak bisa lintas jurusan, saya kurang update hehe. Kalau di SBMPTN masih bisa IPC ya berarti masih ada peluang untuk lintas jurusan.
      Kalau teman-teman saya yang lintas jurusan ada yang dari SNMPTN dan SBMPTN (di UNPAD gak ada jalur penerimaan mahasiswa S1 selain dua itu setau saya). Selain yang lintas jurusan dari IPA ke soshum, yang dari SMK juga ada.
      Mudah-mudahan cukup jelas ya.. Terimakasih kembali :)

      Delete
  14. Haloo kak. Aku mau tanya nih. misal kita ambil sastra perancis, tp bhs inggris kita juga belum mahir. Menurut kaka gimana ya? Soalnya banyak yg bilang, sebelum menguasai bahasa asing lainnya lebih baik mahir bhs inggris dulu gitu.
    Terinakasih utk jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!
      Wah kata siapa tuh? Kalo kata saya sih gak begitu ngaruh.. Yang penting sebelum belajar bahasa asing itu menguasai bahasa sendiri dulu aja, karena poin dari berbahasa itu pemahaman makna dan tanda.
      Pengalaman saya, sebelum ketemu bahasa Prancis saya punya basic bahasa Inggris yang kata orang-orang lumayan. Pas awal belajar B.Prancis cara membaca teks Prancis saya ke-Inggrisan. Lalu sekitar tiga bulanan gak ada kesempatan pake bahasa Inggris (kecuali membaca dalam hati atau mendengarkan), begitu ngomong Inggris aksen saya jadi Indonesia banget dan kadang ke-Prancisan (beberapa bahasa Prancis ada yang penulisannya sama kaya B.Inggris fyi) tapi kesini-sini sih biasa lagi hehe

      Delete
  15. Assalamu'alaikum kak. Aku pejuang dari SMK nih, hehe. Doakan saya tahun depan menyusul yaa.

    Mau tanya seputar skripsinya, biasanya mengenai apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.. Aaamiin insyaallah :)
      Ouaah visioner sekali sudah ngobrolin skripsi hehe. Tergantung nanti peminatannya apa, linguistik atau sastra. Lebih jauhnya saya belum bisa cerita, karena isinya akan sekedar asumsi aja karena saya belum pernah ngerasain sendiri... Insyaallah kalo saya sudah ngalami akan saya post disini :)

      Delete
  16. Halo kak! Aku ini tertarik banget sama hal-hal yang berbau sastra dan entah kenapa aku suka banget sama yang berbau Prancis juga.

    Aku mau tanya kalau universitas yang bagus itu cuma UNPAD aja ya buat yang sastra Prancis? Di universitas lain pelajarannya juga dimulai dari yang paling dasar juga gak Kak?

    Makasih untuk jawabannya ya kak, dan selamat tahun baru:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Waah keren-keren... Bisa bau gitu ya #ehehehe

      Kalo bagus tidaknya universitas barangkali bisa kamu browsing di tempat lain, peringkatnya fluktuatif juga tentunya, datanya barangkali lebih bisa dipercaya daripada statement saya :) lebih jauh dari kualitas univnya, yang terpenting bagaimana kita meningkatkan kualitas diri kita darimanapun, kan?

      Saya belum tau juga sistem belajar Prancis di univ lain bagaimana, jadi gak bisa jawab juga...

      Maaf yaa barangkali jawaban saya kurang memuaskan, selamat tahun baru jugaa :D

      Delete
  17. Assalamualaikum ka, mau nanya nih bener gak sih di unpad itu susah untuk menerima siswa dari jakarta untuk snmptn?kalo iya aku mau ngambil sbm aja untuk unpad

    ReplyDelete
  18. Wa'alaikumussalam wr. wb..
    Saya kurang tahu kalau itu, karena saya bukan panitia seleksi masuk universitas
    Dicoba ikut dulu aja jalur SNMPTNnya, kalau memang mau masuk Sastra Prancis Unpad.. Kalau gak lolos SNMPTN bisa coba SBMPTNnya :)

    ReplyDelete
  19. Hai ka, saya mau ambil sastra Perancis di UNPAD. Saya mau tanya, apakah yg namanya kuliah itu semuanya diajarkan dari dasar? Saya tertarik dengan sastra perancis tapi sebelumnya saya tidak mempunyai basic bahasa Perancis. Dan terkadang itu yg membuat saya ragu untuk memilih jurusan itu hehe.Kasih tau juga dong ka gimana caranya meyakinkan diri kita bahwa kita mampu. Merci ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kayaknya pertanyaan kamu sudah ada jawabannya dipostingan ini beserta commentsnya hehe. Banyak banget soalnya yang nanyain itu...
      By the way kurikulum UNPAD sekarang beda dengan yang sudah saya tulis diatas pada tahun 2014, walaupun diajarkan dari dasar, melatih berbahasa Prancis di luar kampus juga penting!
      Caranya... Percaya diri aja :) De rien!

      Delete
  20. Haaii... menurutku bahasa prancis itu enak juga kok, ya walaupun kalo pas delf penuh perjuangan 😆.
    Salam kenal dari bastra prancis UB 🤘

    ReplyDelete
  21. Kak mau nanyaa, kira2 pas sbm spa yg harus diprioritasin dlm pengisian soal buat sastra perancis? trs berapa persen yg diisii?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh maaf yaa saya kurang tau juga soalnya saya bukan penilai seleksi masuk univ dan gak pernah ngerasain tes SBMPTN...

      Delete
  22. Hai kak, mau nanya, mksdnya perencanaan prjalanan wisata itu gmn ya? Dan apa materi bljrnya kita beda dgn ank yg dulu SMAnya sudah mengikuti delf? Makash kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Matkul perencanaan perjalanan wisata itu bagian dari kepemandu wisataan kayaknya, saat ini saya belajar pake kurikulum baru jadi gak dapet matkul itu..
      Beberapa teman saya yang sudah delf sblm kuliah gak diwajibkan ikut mata kuliah kebahasaan, bahkan di'akselerasi' jadi ikut mata kuliah kebahasaannya kakak kelas karena nilai kuliahnya udah diambil dari nilai delfnya.. Tapi matkul lain yg gak ada hubungannya dgn b.Prancis tetep sesuai semester
      Yoo kembali kasih 😊

      Delete
  23. Halo Kak!! Aku dari SMA Bahasa nih. Minat banget ambil jurusan Sasper ke UGM, hehehee. Tapi masih agak ragu soalnya basicnya pun aku juga belum punya :( mau tanya nih kak, apa nanti cara ngajar dosennya make full bahasa Prancis ? Atau sedikit2 ada bahasa Indonesia? hehe. Caranya biar bisa cepet conversation pake bhs. Prancis gimana sih kak? apa bahasanya sedikit banyak masih kena rumpun bahasa Inggris ? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Beberapa pertanyaan kamu udah saya bahas di postingan dan komentar diatas loh.. Silakan dibaca ulang 😉 tapi saya kurang tau apakah sistem di kampus tempat saya belajar dan di UGM itu berbeda atau sama.. Jadi gak bisa jawab soal 'cara mengajar dosen'. Maaf yaa
      Kembali kasih 😊

      Delete
  24. hi kak,sebelumnya kenalan dlu deh,nama saya aldrian,saya sekarang masih kelas 10 kak,nah jadi tuh kan saya punya mimpi ngambil HI atau ga sastra perancis,nah kan saya punya mimpi utk kuliah di perancis,seandainya ngambil jurusan ini kak apa bisa membantu dalam test delf misalnya untuk ambil beasiswa perancis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aldrian, waah 2 tahun lagi dong yaa menuju jenjang kuliah!
      Kalo mau ambil delf, dari sekarang juga bisa kok.. Bisa ikut les preparasinya langsung di IFI/Alliance Français. Mau kuliah di Prancisnya pasca SMA jg kayaknya bisa, info-infonya coba cari di Campus France

      Kalo jawaban untuk "seandainya ngambil jurusan ini kak apa bisa membantu dalam test delf misalnya untuk ambil beasiswa perancis".. Bisa dong, kan dipelajari di kelas dan kalo di Unpad sendiri suka ada pelajaran khusus yg ambil delf

      Delete
  25. Haiii ka, kenalin nama aku grace anastasya. Ka mau nanya nih, bedanya sastra perancis sama pendidikan bahasa perancis tuh apa ya? Pelajarannya sama aja atau beda banget? Aku keterima di UPI jurusan pendidikan bahasa perancis dan udah cari-cari informasi tapi, setelah cari-cari informasi dan baca-baca ko malah jadi ragu untuk ambil jurusan ini gitu.. Aku jadi bimbang bisa nggak kasih semangat dan hal positif yang bikin akau tuh balik lagi ke niat awal... Jawab yaaa ka.. Makasih sebelumnya 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Bedanya, kurang tau sih saya. Tapi yang jelas di jurusan bahasa dan sastra Prancis gak dikasih teori pendidikan dan keguruan.
      Semangat laah manfaatkan kesempatan kuliah yang gak semua orang dapatkan! Menikmati kuliah adalah salahsatu cara bersyukur 😊

      Delete
  26. Hai ka nama aku deri, mau nanya ka lulus cepet di sasper ini kaya 3.5 thn itu gampang gak ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Lulus cepet bisa diupayakan.. Baiknya sih strateginya dibuat dari semester bawah : jangan males dan gak nyia-nyiain kesempatan buat ngambil matkul semester atas. Gampang susahnya kembali lagi ke kemampuan kita menanggung beban kuliah hehe

      Delete
  27. Assalamualaikum kak aku sekarang kelas 12, aku kepikiran buat ngambil perancis tapi gatau mau pendidikan atau sastra. Tapi masih ragu soalnya kan pengucapan dalam bahasa perancis itu susah. Jadi takut aja gitu. Apa kaka juga awalnya kesusahan dalam pengucapannya?
    Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah.. Susah sih relatif ya, cuma yaa gitu. Karena cara baca huruf dan teks Prancis itu beda dengan bahasa Indonesia jadi cukup perlu banyak mendengarkan dan membiasakan pengucapannya supaya bisa. Kembali kasih...

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Pengen banget dari SMA kuliah di sastra Perancis. Pas tes di PTN ga keterima. Tapi Alhamdulillah keterima di sastra arab. Klo s2 nya sastra Perancis bisa ga ya? Kalo dasar2 bahasa Perancis mah ada. Cos udh ada sertifikat b1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Selamat menjalani hari sebagai mahasiswa Sastra Arab!
      Setau saya gak ada jurusan 'sastra Prancis' di program magister perguruan tinggi Indonesia. Kecuali kalo kuliah sastra di Prancis

      Delete
  30. Bener gk sih kalo prospek kerja SasPer gk 'secerah' SasIng/SasJep? Atau sama aja? Soalnya dipikir-pikir perusahaan2 Perancis jg rada jarang disini :( jadi bimbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja 'kan gak mesti di perusahaan ya :) dan kuliah juga bukan jaminan utama untuk bisa bekerja. Prospek yang bisa digarap lulusan Bahasa dan Sastra Prancis banyak kok, tinggal pinter-pinter aja gali potensi diri dan manfaatin peluang

      Delete
  31. hai ka, aku anak kelas 12 lagi bingung milih kampus nih, kaka punya referensi kampus buat sastra perancis gk? yg kira-kira peluang masuk nya lumayan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Maaf, saya gak punya..
      Referensi kampus yang ada jurusan sastra Prancisnya bisa diulik di internet, kok.. Tapi kalo yang peluang masuknya lumayan besar kayaknya siapapun gak ada yang bisa mastiin deh 😅

      Delete
  32. Hai kak aku nisa mau tanya, aku kan jurusan IPA nih, nah otomatis kan kl SBM harus belajar soshum. Nah saat SBM itu tesnya ttg perancis itu sendiri atau tetep soshum pada umumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Aduh maaf saya gak pernah ikut SBM.. Tapi pasti soal SBM isinya soal mata pelajaran rumpun soshum pada umumnya lah... gak mungkin spesifik tentang Prancis walau kamu milih jurusan sastra/pendidikan bahasa Prancis, hehe

      Delete
  33. Bonjour mml.
    J'apelle Aliffian, je suis de classe 11 Bahasa.
    Saya ingin bertanya nih kak, di sasper sendiri ada kesempatan dapet beasiswa atau pertukaran pelajar tidak ke negara Perancis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour!
      Ada, tapi jalurnya tergantung kampus. Ada yang memang sudah punya kerjasama dengan kampus di Prancis/negara frankofon lain sehingga kita tinggal ngajuin ke jurusan atau kita cari sendiri jaringanya. Lebih gampangnya kalo mau tau info soal kuliah di Prancis bisa cari info di Campus France (http://www.indonesie.campusfrance.org/fr)

      Delete
  34. Salam kenal kakkk, aku mau tanya kalo mau masuk sastra perancis apa harus punya basic bahasa inggris dulu? Soalnya aku ga begitu suka bahasa inggris dan emang minat ke bahasa perancis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa salam kenal 😊
      Zaman sekarang kayaknya mau belajar apapun mesti bisa bahasa Inggris deh 😅
      Nanti juga kan selama kuliah ketemu matkul b. Inggris seenggaknya 2 sks dan syarat kelulusan mesti ada sertifikat toefl selain delf... Jadi ga bisa dihindari walau gak suka hehe

      Delete
  35. Salam kenal kak, aku anak smk nih dari jurusan busana baru kelas 11. (Btw ini akun mama ku hehe😅) Mau tanya kak, kalau masuk sasper di unpad test masuknya apa aja ya kak? Soalnya kan pelajaran anak smk ga sama kaya anak sma, takut nya ada tes mtk minat/mtk wajib. Anak smk kan pelajaran mtk nya ya mtk aja gak ada minat/wajibnya. Terus kalau anak smk lebih baik sbm atau snm kak? Pengen banget kuliah jurusan sasper 😁 makasih kak sebelumnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga 😊
      Setau saya jalur penerimaan mahasiswa baru S1 reguler Unpad hanya SNMPTN dan SBMPTN.
      Dari SMK bisa tes SNMPTN maupun SBMPTN. Isi tesnya kayak gimana, saya gak ngerti lagi karena teknisnya berubah-ubah tiap tahun dan saya gak merhatiin updatenya... Silakan cari informasi dari pihak yang lebih terpercaya soal itu ya hehe

      Delete
  36. Hai kak! Aku sedang tertarik untuk belajar bahasa perancis. apakah aku boleh tau kakak menggunakan buku apa saja pada waktu kuliah? Terutama yang dasar dan grammar. Terimakasih kak :) semoga dibalas hehe! 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!
      Hmm buku yang dipakai di kampus lebih banyak terbitan lama berbahasa Prancis dan tidak familiar di toko buku.. Tapi kalau mau tau, untuk mata kuliah bahasa Prancis dasar dan aplikatifnya kami pakai 'Nouveau Rond-Point' terbitan Maison des Langues. Kalau tata bahasa salahsatu referensi dan bahan latihannya dari Nouvelle Grammaire du Français terbitan Hachette.
      Zaman sekarang sih lebih praktis dan enak belajar online dan aplikasi menurut saya kayak francaisfacile.com dan Duolingo karena exercisenya bisa langsung dinilai dan koreksi...

      Delete
  37. Kak saya bener" gatau sama sekali ttg bahasa prancis, kalo dosennya jelasin pas ngajar pake bahasa prancis saya harus gimana? Plonga plongo gitu? Ataukan diawal pertemuan dosen masih berbaik hati pakai bahasa Indo? Kak kasih sesuatu yang bener" memotivasi biar saya gak ragu buat ambil jurusan ini):

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal semester untuk mata kuliah bahasa Prancis dosennya masih pakai bahasa Indonesia kok kalo lagi ngejelasin,tapi tetep ada bahasa Prancisnya juga biar kita terbiasa. Mau planga plongo bebas yang penting berusaha belajar hehe

      Apa ya... kalo ragu mending istikhoroh aja :)

      Delete
  38. Salam kenal, aku juga sastra prancis dari universitas negeri semarang. Bon courage!

    ReplyDelete
  39. hai kak. any sekarang udah kelas 12 dan bingung banget apa mata kuliah yg may diambil pasca sma. aku sih suka yg asing-asing gitu. aku ada niatan mau bisa/tau bahasa perancis. tapi di kuliahan adanya sastra. kalo sastra biasanya ngulik ngulik dalemnya bahasa itu kan kak. aku bingung, bahasa indonesia aja kalo dipelajarin udah susah apalagi sastranya. nah ini perancis kan bahasa asing aja ya kita belum tau gimana, apalagi sastranya gitu. tips dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kalo kuliah sastra Prancis sambil belajar bahasa ada juga belajar sastra dan budaya Prancisnya. Tentunya di tahun awal yang dipelajari yang dasar dan umumnya aja. Menjelang semester akhir nanti baru pilih, mau lanjut mendalami sastra atau linguistik (kebahasaan)nya.
      Kalau kamu cuma mau bisa bahasanya aja, ambil kursus bahasa Prancis juga cukup...

      Delete
  40. Hay kak! Salam kenal.
    Tadi aku sempat baca komen kk. Delf ternyata bisa membantu. Nah, kalo cuma delf a1 apa membantu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Membantu apanya ya? Maaf udah lupa soalnya heuheu.
      Yang jelas, untuk masuk kuliahnya sih belum tentu membantu karena di SNMPTN dan SBBMPTN setauku gak diminta lampiran sertifikat. Kalau untuk belajar selama kuliahnya insyaallah membantu untuk bisa paham materi kebahasa Prancisan lebih cepet dari yang lain.

      Delete
  41. halo kak, salam kenal
    aku anak sma kelas 11 dari jurusan ips. kak aku ingin bertanya, kira-kira di sastra perancis UNPAD itu ada pertukaran pelajar ke perancis atau ke luar negeri lainnya gak ya kak. itu saja dariku terima kasih kak :)

    ReplyDelete
  42. halo kak, mau nanya, kalo mau ikut snmptn sastra prancis, ada tes bahasa prancisnya ga? kalo ada, kira2 gimana level susahnya? dan tes2 yg harus dilaluin pas ikut snmptn nya apa aja ya? atau tergantung univ nya? hehe makasih banyak kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab. ngga ada. snmptn murni rapor

      Delete
    2. hehe maaf ka tp skrg kan udah beda.. snmp ada tesnya dulu..

      Delete
  43. oiya kak, mau nanya lagi, kan unpad di bandung nih, kakak dari daerah mana awalnya? terus kakak snmptn atau sbm? kalo snmptn, itu apa daerah bandung yg diprioritaskan atau gimana ya? hehe makasih lagi kak

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Prancis #1 : Kata Ganti Orang (Pronom Sujet)

First Time Rontgen Gigi!

“Bade Disepétan Teu?”