Rasanya Kuliah di Sastra Perancis... #2 (Ospek?)

Masih ngobrolin gimana rasanya kuliah. Kemaren topiknya jawaban tentang pertanyaan umum buat yang penasaran sama jurusan Sasper (singkatan Sastra Perancis), sekarang apa ya? Saya ngoceh aja deh ya.

Setelah temen-temen tau kalo temen-temen udah diterima di Sasper, berarti status temen-temen adalah 'maba' alias Mahasiswa Baru. Ada tiga ospek yang mesti di jalani, yaitu ospek universitas, ospek fakultas dan ospek jurusan atau biasa juga disebut mabim (masa bimbingan). Ada yang bilang ospek malesin? Menurut saya keribetan bikin atributnya yang malesin, apalagi kalo kita jauh dari ortu. Bener-bener nyiapin sendiri.. Tapi kalo mau gampang suka banyak yang jual atribut dan perlengkapan ospek juga sih di sekitar kampus, asal punya duit.

Terlepas dari itu, seperti yang udah dibilang di postingan sebelumnya. PROSES!

Konten dari setiap ospek ada esensinya ko... Dan alhamdulillah ospek fakultas saya (FIB UNPAD) saya rasa wajar banget, seru dan ga senyusahin fakultas lainnya hehe. Di ospek univ dan fakultas sangat memungkinkan buat nambah temen kalo kitanya ga menutup diri dan terus keep in touch sama orang yang kita ajak kenalan, dan di kedua ospek itu konten acaranya bagus-bagus dan sangat mendukung kelanjutan hidup *halah* kita sebagai mahasiswa.

Bersama kawan-kawan pas ospek universitas
Gila-gilaan sama temen pas mabim? HALAL!

Nah. kalo ospek jurusan (mabim), orang bilang kalo kita ga ikut mabim kita susah punya temen di kelas. Iya banget kalo saya rasa. Mabim itu lama dan jadwalnya cenderung ga tentu. Ada yang dilangsungin berturut-turut, ada yang sepulang kuliah, ada yang sepekan sekali. Lamanya ada yang seminggu, sebulan, bahkan ada yang se-semester (katanyaa. Mabim Sasper UNPAD sih cuma sebulan lebih dikit kalo gasalah hehe). Aktivitasnya ya gitu aja, sama juga menunjang kehidupan kita sebagai mahasiswa, tapi ga sebesar yang ada di ospek univ dan fakultas. Bete kadang. Dan karena pesertanya ga terlalu banyak, peraturannya bener-bener ditegakan. Itulah yang saya rasa merekatkan solidaritas... Saat ribet bikin atribut, mulai bete, lelah, gabut nunggu waktu mabim, berencana kabur mabim, kompakan ga pake atribut, peristiwa kocak pas mabim, curhatan ngecengin kaka senior, mulai saling tau sifat dan kebiasaan, ahh so sweet banget lah mabim itu. Saran jahat : kalo ga mau ikut mabim, gausah repot-repot dateng kumpulan jurusan dari awal, gausah ribet bikin atribut, masuk pas ada kelas aja, pura-pura ga kenal sama temen sekelas karena kamu pasti bakal ditanya kenapa ga ikut mabim. Tapi kamu bakal lama untuk bisa berteman sama temen sekelas karena gara-gara kamu temen-temen kamu yang ikut mabim kena hukum tiap hari. Intinya, ikut aja, nikmati PROSES!

Beres ospek-ospekan itu awesome lah.. I feel free gitu bisa pake baju bebas tanpa atribut, udah ngerasa asik sama temen-temen, ga canggung lagi sama kaka senior, merdeka pokonya!

Comments

  1. kak, kira-kira kalau pas ospek gitu dikenalin sama ukm-ukm yang ada di kampus atau di fakultas gitu gak sih kak? apa ada waktu lain pas ngenalin ukm-ukm itu? maasih kak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada.. di masing-masing ospek pasti ada perkenalan UKM plus suka ada stannya. Diluar waktu ospek juga ada beberapa UKM yang oprec, waktunya ada yang beberapa saat setelah ospek, ada juga yang agak jauh; gak tentu.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Prancis #1 : Kata Ganti Orang (Pronom Sujet)

First Time Rontgen Gigi!

“Bade Disepétan Teu?”